PATEN (Sesuai UU No. 14 Th. 2001 Tentang Paten)

 

Definisi :
Adalah hak ekslusif yang diberikan oleh negara kepada inventor atas hasil invensinya di bidang teknologi, yang untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri invensinya tersebut atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakannya. Adapun jumlah klaim dari invensinya terdiri dari 1 (satu) invensi atau beberapa invensi yang merupakan satu kesatuan invensi dengan obyek Paten berupa produk atau proses.


Cakupan Perlindungan :
Setiap invensi berupa produk / alat yang baru & mempunyai nilai kegunaan praktis disebabkan oleh bentuk, konfigurasi, konstruksi / komponennya.


Masa Berlaku : 20 Tahun dan TIDAK BISA diperpanjang
Sanksi Pelanggaran : Pidana Penjara maksimal 4 (Empat) tahun
Denda Pelanggaran : Max. Rp. 500.000.000,- (Lima Ratus Juta Rp)

 


Prosedur Pendaftaran :

  1. Dilakukan proses Pemeriksaan / Pengecekan PATEN, yang bertujuan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya PENOLAKAN. Syarat yang perlu dipersiapkan untuk proses Pemeriksaan / Pengecekan PATEN, yaitu: Menuliskan deskripsi lengkap mengenai PATEN yang hendak didaftarkan, yang terdiri dari Judul Invensi, Deskripsi Invensi, Manfaat Invensi, Perbandingan Invensi yang hendak didaftarkan dengan Invensi yang sudah ada sebelumnya, Klaim Invensi, Tujuan Invensi yang dituliskan pada 1 (satu) lembar kertas HVS A4. (Untuk proses Pemeriksaan / Pengecekan PATEN, tidak perlu terlalu detail).

  2. Setelah dilakukan proses Pemeriksaan / Pengecekan PATEN maka kemudian dilakukan proses Pendaftaran PATEN dengan syarat yang perlu dipersiapkan:

 Permohonan Pendaftaran atas nama PERORANGAN

  • Fotocopy KTP sebanyak 1 (Satu) Lembar

  • Foto 4 cm x 6 cm sebanyak 1 (Satu) Lembar

  • Deskripsi Invensi seperti deskripsi yang telah dilakukan pada proses Pemeriksaan /      -Pengecekan PATEN dengan syarat harus lebih detail, lebih terperinci dan selengkap mungkin.

  • Contoh Produk / Invensi yang hendak didaftarkan sebagai PATEN.

Permohonan Pendaftaran atas nama PERUSAHAAN

  • Fotocopy KTP, SIUP, TDP, Akta Notaris yang dilegalisir masing-masing sebanyak 1 (Satu) Lembar

  • Fotocopy SK Menteri Kehakiman (khusus untuk pendaftaran dengan Badan Hukum PT)

  • Foto 4 cm x 6 cm sebanyak 1 (Satu) Lembar

  • Deskripsi Invensi seperti deskripsi yang telah dilakukan pada proses Pemeriksaan / Pengecekan PATEN dengan syarat harus lebih detail, lebih terperinci dan selengkap mungkin.

  • Contoh Produk / Invensi yang hendak didaftarkan sebagai PATEN.
     

Link : Prosedure Permohonan Paten